Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Membuat Judul Tulisan Menarik sampai Viral

Tips dan Trik Membuat Judul Tulisan Menarik sampai Viral - Judul merupakan komponen yang paling penting dari artikel. Jika judulnya menarik dan dapat menjawab pertanyaan pembaca, maka secara spontan pembaca akan mengeklik artikel anda. Oleh karena itu, setelah anda membuat artikel, anda harus menentukan judul yang sekiranya menarik calon pembaca.

Sangat disayangkan jika artikel anda masuk page 1 google, namun tidak diklik pengunjung karena judulnya kurang menarik. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, yang terpenting ialah judul, jika anda mengincar pembaca.

Seberapa Penting Judul Menarik? dan Bagaimana Membuatnya?

tips memilih judul tulisan menarik

Anda kan sering melihat jika di beberapa website, entah itu berita atau info, mereka dengan sengaja membuat judul yang membikin orang penasaran untuk mengekliknya. Selain dari komponen judulnya, artikel yang bisa memikat pembaca ialah dari segi gambar depan atau thumbnail nya. 

Nah oleh karena itu, sebelum anda membuat artikel, tentukanlah tema terlebih dahulu. Jika anda sudah menemukan tema yang menarik, maka anda bisa langsung membuat artikel. Buatlah artikel dengan menyebarkan keyword disetiap kerangka artikel. Setelah itu, barulah anda bisa menentukan judul. Jika anda masih bingung cara membuat judul yang menarik, maka perhatikanlah ulasan berikut ini.

1. Tentukanlah Keyword Terlebih Dahulu


Keyword yang berarti Kata Kunci merupakan senjata utama untuk masuk ke page 1 google. Ada banyak cara menentukan keyword, diantaranya ialah Google Keyword Planner, Keyword tool, dan lain lain. Dengan menggunakan tools tools tersebut, anda bisa mencari keyword yang memiliki peluang tinggi untuk masuk page 1.

Keyword yang cocok bukan hanya artikel anda berkesempatan page 1, namun nantinya anda bisa menentukan judul yang menarik. Semisal jika anda memiliki keyword “Tips untuk Calon Pengantin” Maka, anda nantinya anda bisa menentukan beberapa judul. Sebagai contoh judulnya adalah “Tips yang Harus Dilakukan untuk Calon Pengantin”

2. Tautkan Angka untuk Menarik Calon Pembaca


Dewasa ini banyak sekali artikel yang berupa listicle, biasanya artikel artikel tersebut membahas topik tentang tips dan trik, info, tutorial dan lain sebagainnya. Dengan menggunakan listicle, anda bisa menjaring lebih banyak pengunjung loh. Semisal saja, anda bisa memperbanyak listicle yang kemudian diikuti dengan kata kata yang membuat pembaca penasaran.

Anda kan pasti sudah tidak asing dengan website seperti ini “20 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat, Nomor 11 yang Paling Ampuh” Nah dengan memanfaatkan itu, anda telah bisa membuat pembaca penasaran yang kemudian akan mengekliknya. Namun anda harus menggunakan cara ini dengan bijak agar tidak dikira website “sampah”

3. Gunakanlah Kata Kata yang Ringkas, Padat, dan Menarik


Ini yang agak susah bagi setiap blogger dalam menentukan judul yang menarik. Kunci utama sebelum langkah ini ialah anda sudah menentukan keyword. Setelah keyword berhasil anda dapatkan, anda selanjutnya mencari keyword turunan. Keyword turunan tersebut nantinya bisa anda kebangkan menjadi judul. Lalu bagaimana cara mengembangkan keyword menjadi judul?

Sebagai contoh, apabila anda memiliki keyword utama yaitu Bisnis Sampingan. Maka anda bisa menentukan keyword turunannya, yaitu 

  • Bisnis Sampingan Mahasiswa, 
  • Keuntungan Bisnis Sampingan, 
  • Modal Bisnis Sampingan dan lain lain. 
Setelah itu, anda harus menyatukan keyword tersebut menjadi List Bisnis Sampingan Modal Terjangkau dan Cocok untuk Mahasiswa”.

Kenapa hanya 3 saja? karena saya telah meringkasnya menjadi yang lebih simple. Jadi inti dalam pembuatan judul ialah, anda harus bisa pintar pintar merangkai kata demi kata sehingga bisa menarik dan unik

Post a Comment for "Tips dan Trik Membuat Judul Tulisan Menarik sampai Viral"