Kelebihan Teknologi 5G, Jaringan Super Cepat Anti Lemot

Kelebihan Teknologi 5G, Jaringan Super Cepat Anti Lemot - Sebagian masyarakat di indonesia mungkin telah menunggu teknologi jaringan yang satu ini. Ya benar, 5G ini telah menjadi pembicaraan di dunia. Mereka menyakini jika jaringan 5G yang akan hadir ini bisa memberikan pelayanan internet super baik dan instan. Sehingga kebutuhan manusia akan jaringan internet cepat akan terpenuhi.

Padahal rasa rasanya baru kemaren kita menggunakan jaringan 4G, dan sekarang sudah akan berganti ke jaringan 5G. Jaringan 5G ini nantinya direncanakan bisa digunakan secara komersil pada tahun 2020. Jaringan ini mengedepankan Internet Of Things, jadi mungkin nantinya semua aktifitas manusia bisa dilakukan secara digitalisasi.

Kelebihan Teknologi Jaringan Super Cepat, 5G

Kelebihan teknologi 5G
Kelebihan teknologi 5G

Siapa toh yang tidak suka dengan layanan internet super cepat. Nah semua itu bisa anda dapatkan dengan menggunakan jaringan 5G. Jaringan ini menawarkan kecepatan internet hingga 1-10 GB per sec. Jika dibandingkan dengan 4G yang hanya 15 Mb per sec tentu sangat jauh. Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini adalah Kelebihan Teknologi Jaringan Super Cepat, 5G.

1. Menggunakan Spektrum Frekuensi Gelombang Radio yang Lebih Tinggi

Salah satu kelebihan jaringan 5G ialah dapat mentrasnfer data dengan cepat. Kecepatan data yang dapat ditransfer tersebut, ditentukan oleh banyak atau sedikitnya frekuensi yang di gunakan. Jaringan 5G menggunakan frekuensi sampai 100GHz. Frekuensi yang sangat inilah yang dapat mengantarkan data lebih banyak dan cepat. Jadi bisa disimpulkan, semakin besar frekuensi maka semakin besar energi. Karena energi besar itulah yang menandakan banyak sedikitnya data yang tertransfer.

Namun ternyata terdapat kelemahan dari besarnya frekuensi yang dimiliki oleh 5G. Walaupun jenis gelombang elektromagnetiknya non ionisasi, gelombang ini susah untuk menembus dinding. Jadi perlu banyak sekali sel sel miniatur di atas tiang lampu atau gedung guna menghantarkan frekuensi yang hanya bisa menjangkau area relatif sempit tersebut. Jadi semakin kecil frekuensi, maka semakin panjang pula area atau jangkauan internetnya.

2. Jaringan 5G Dapat Merubah Dunia Digital Kita

Ya benar, hadirnya jaringan 5G ini membuat semua kebutuhan manusia akan sangat maju. Hal ini dibuktikan dengan koneksi yang semakin baik sehingga manusia akan memanfaatkan teknologi internet ini. Salah satu contoh penerapan 5G yang digadang gadang akan muncul ialah dapat digunakan di setiap transportasi.

Semisal contoh, kita akan sangat bisa mengembangkan teknologi sensor mobil. Jadi mobil akan terhubung dengan internet, karena inilah dapat dijadikan kendali otomatis. Sehingga bisa dikatakan, semua dunia ini akan berjalan secara online atau otomatis.

3. Jaringan Internet Super Cepat

Nah ini lah yang menjadi andalan dari jaringan 5G ini sendiri. Jaringan 5G menjamin dapat menerima atau mengirim data dengan super cepat. Sehingga anda bisa memungkinkan untuk menonton video dengan kualitas Ultra HD dan tanpa lemot. Selain itu, anda pun juga bisa mendownload beberapa video yang berdurasi sangat panjang hanya beberapa detik saja.

Hal ini bisa terjadi karena 5G dapat menyentuh kecepatan 20GB per sec. Selain itu, jaringan 5G diyakini dapat memenuhi kebutuhan internet di dunia, karena frekuensi yang digunakan semakin luas. Bukan hanya itu saja, low latency pun juga menjadi andalan 5G. Low latency nya bisa mencapai <1ms. Jika dibandingkan dengan 4G yang 10ms.

Memang sangat banyak sekali kelebihan dari teknologi jaringan super cepat 5G ini. Kita semua berharap akan hadirnya jaringan ini, guna memenuhi kebutuhan komunikasi industri dan pemerataan penggunaan internet di indonesia.

Baca juga : Teknologi Masa Kini Yang Bisa Digunakan Mencari Uang
Afif Mumtaz Seorang yang sedang berusaha menikmati indahnya membaca dan terus merubah pola pikir ke yang lebih baik.

0 Response to "Kelebihan Teknologi 5G, Jaringan Super Cepat Anti Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel