Cara Mengatur Jadwal Shift Kerja

Cara Mengatur Jadwal Shift Kerja - Biasanya sistem shift karyawan dibutuhkan oleh HRD di sebuah cafe, restoran, toko, hingga penginapan. Mengatur shift ada standar dan aturannya. 

Jadwal Shift Kerja
Jadwal Shift Kerja


Ketentuan untuk shift kerja karyawan juga diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Dalam UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dicantumkan bahwa perhitungan waktu kerja shift berbeda dengan pekerja full time. Standar jam kerja shift adalah 7 jam perhari dan 40 jam dalam seminggu dengan 6 hari kerja dalam 1 minggu. 

Ada pula ketentuan lain yaitu 8 jam per hari dan 40 jam dalam seminggu, dengan ketentuan 5 hari kerja dalam seminggu. 

Adapun ketentuan dasar lainnya seperti, kesepakatan antara pihak perusahaan yang diwakili oleh HRD dengan karyawan bersangkutan tentang jadwal shift yang telah ditentukan. Perusahaan boleh menerapkan lembur jika karyawan tidak keberatan dan diberi upah lembur. Jam lembur juga maksimal dijalankan selama 3 jam saja. 

Sebagai HRD anda bisa menggunakan penjadwalan manual dengan Ms.Excel disesuaikan dengan prosedur dan jumlah karyawan. Adapun cara praktis dengan menggunakan software khusus seperti Aplikasi HRD  atau yang lebih spesifik menggunakan software absensi untuk mengatur jadwal kerja.
 
Sebelum membuat jadwal shift karyawan, perhatikan tiga rekomendasi dalam mengatur shift kerja berikut ini:

3 Shift 4 Group
Dalam sistem shift satu ini, karyawan dibagi kedalam 4 group dengan 3 pergantian shift dalam sehari. Dengan sistem ini, pegawai akan bekerja selama 5 hari dalam 1 minggu selama 7 jam dan 1 jam istirahat. Dengan total hari libur 2 hari dalam seminggu.

Sistem shift ini biasanya diterapkan pada usaha yang beroperasi sepanjang tahun dan tetap buka pada hari-hari besar, seperti restoran dan mall.

3 Shift 3 Group
Dalam sistem ini, karyawan dibagi menjadi 3 group dengan total pergantian shift selama 3 kali dalam sehari. Sistem ini akan lebih rapi dan mudah diatur karena angka pembagian yang pas. Setiap karyawan akan bekerja dari hari Senin hingga Sabtu dan libur pada hari Minggu, atau bisa anda sesuai dengan kebutuhan anda. Durasi kerja untuk hari Senin hingga Jumat adalah 7 jam dengan 1 jam istirahat. Sementara pada hari Sabtu hanya 5 jam kerja. 

Sistem shift ini bisa diterapkan pada usaha kecil dengan jumlah pegawai yang tidak terlalu banyak.

2 Shift 3 Group
Sistem shift yang minimalis dengan jumlah yang sedikit ini biasanya dibutuhkan untuk penjaga keamanan sebuah institusi atau perusahaan. Berbeda dengan sistem shift sebelumnya, hanya ada 2 pergantian shift dengan 3 group karyawaan. Dalam seminggu, akan ada 2 hari shift dan 2 hari untuk libur. 

Untuk membuat sistem penjadwalan yang praktis dan otomatis, ada beberapa Aplikas Absensi yang bisa andalkan.
 
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Aplikasi Absensi Karyawan LinovHR. Aplikasi HRD LinovHR memiliki berbagai modul yang dapat membantu operasional perusahaan, Salah satunya adalah Membantu HR dalam membuat Shift Kerja.
 
Melalui salah satu modul nya yaitu Modul Time Management HR dapat membuat shift kerja lebih efektif, dengan menggunakan fitur Time Group  jadwal kerja akan lebih mudah dibuat.
 
Itu tadi hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam mengatur jadwal shift kerja sebagai HRD. Semoga tersebut dapat bermanfaat .

0 Response to "Cara Mengatur Jadwal Shift Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel