Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan

Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan - Setiap manusia membutuhkan makan guna memenuhi kebutuhan asupan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seringkali kesibukan akan kerja, sekolah, kuliah, main game membuat kita lupa diri. Seperti lupa mandi, lupa makan, lupa sama anak, lupa istri bahkan sampai lupa Tuhan dengan tidak beribadah.

Pokoknya jangan sampai lah kegiatan dunia membuat kita lupa diri, terutama lupa sama Tuhan. Selain itu jangan sampai kita lupa terhadap kondisi tubuh kita. Perut yang kosong membutuhkan asupan makanan, agar perut juga bekerja menggiling makanan.

Mengisi perut bukan berarti mengisinya sampai penuh alias kekenyangan, Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dengan kata lain, makan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh saja.

Lapar itu Bagus
Di lain sisi, lapar itu bagus. Maksudnya adalah puasa, lapar karena puasa adalah bagus. Puasa bertujuan untuk memuasakan diri dan memuasakan hawa nafsu yang diciptakan oleh Allah sangat ambisius. 
Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan
Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan
Secuil kisah bagaimana Allah menciptakan makhluk bernama nafsu ini, ketika nafsu diciptakan. Allah yang Maha Tahu bertanya kepada nafsu "Siapa Aku dan siapa engkau". Kemudian nafsu menjawab "Engkau ya Engkau, aku ya aku.

Kemudian Allah suruh malaikat untuk membawa nafsu tersebut kedalam neraka, dan dimasukkan ked dalamnya selama 1000 tahun.

Hingga Allah bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama "Siapa Aku dan siapa engkau?". Nafsu dengan segala sifatnya yang membangkang menjawab "Engkau ya Engkau, aku ya aku". Nafsu tidak mau mengakui Tuhannya. 

Kemudian Allah menyuruh malaikan agar membawa nafsu ke sebuah tempat yang sangat dingin. Dan memenjarakannya selama 1000 tahun.

Hingga Allah bertanya dengan pertanyaan yang sama, nafsu pun kembali menjawab dengan jawaban yang sama.

Lalu Allah suruh malaikan agar mempuasakan nafsu, tidak memberinya makan, tidak memberinya minum dan tidak menurutinya segala keiinginannya. Maka hanya dalam beberapa waktu, nafsu itu tunduk dan berkata "Engkau ya Tuhanku, dan kepadaMu aku menyembah".

Nafsu akan tunduk dengan puasa, rasa lapar dan haus. Maka kesempatan di bulan Ramadhan ini sudah seharusnya kita gunakan untuk mempuasakan hawa nafsu kita. 

Tapi Jangan Kelaparan
Lapar karena puasa memang bagus, kelaparan yang tidak boleh. Apalagi kelaparan hanya gara-gara sibuk atau lupa makan. Justru malah membahayakan diri sendiri, kelaparan akan membuat tubuh kekurangan asupan energi dan nutrisi, jika dibiasakan bisa mendatangkan berbagai penyakit seperti magh, tipes dll.

Mari kita biasakan hidup yang sehat, makan-makanan yang sehat, makan secukupnya jangan berlebihan dan jangan sampai kelaparan.


0 Response to "Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel