7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam

7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam - Layaknya hewan nokturnal yang aktif di malam hari, manusia juga ada yang kerjanya bukan siang melainkan malam hari. Beberapa contoh mereka yang bekerja di shift malam antara lain para karyawan pabrik, karyawan media, karyawan hotel, karyawan bandara, karyawan stasiun, satpam, polisi sampai karyawan hotel.

Mereka adalah para pejuang malam yang rela mengganti jam tidurnya dengan bekerja, walaupun sebagai gantinya mereka gunakan waktu siang untuk molor.

Tapi secara kesehatan tentu berbeda pandangan, karena udara malam berbeda dengan udara di siang hari. Malam oleh Allah dijadikan sebagai selimut atau waktu kita untuk beristirahat. Dan siang dijadikan sebagai waktu untuk kita bekerja.

Tapi apa daya, tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka bekerja di saat orang-orang terlelap tidur. Orang yang bekerja di shift malam lebih rentan terkena paru-paru basah, karena udara malam relatif lembab dan mengandung lebih banyak air. Begitu juga akan berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti ginjal dan jantung.

Maka dari itu para pejuang shift malam membutuhkan resep khusus untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan kesehatan mereka. Berikut ahmaddzaki.id telah merangkumnya :

7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam

Pekerja Shift Malam
Pekerja Shift Malam

1. Makan makanan bergizi
Bekerja di waktu malam membutuhkan energi yang lebih, selain itu tubuh juga butuh benteng pertahanan yang lebih kokoh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itulah bagi para pejuang shift malam diperlukan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
 
2. Banyak minum
Di malam hari mungkin tidak sepanas seperti di siang hari, sehingga minum mungkin saja lebih sedikit. Nhaa, mau ngga mau kalian harus lebih banyak minum seperti biasanya. Disarankan minimal 8 gelas setiap harinya.
 
3. Jangan lupa olahraga
Ketika kerja malam, olahraga biasanya tidak sempat dilakukan. Karena paginya pasti capek dan ngantuk, sementara sore hari siap-siap untuk bekerja. Tapi olahraga ini penting lhoo buat kesehatan, jika tidak ada waktu maka bisa ambil hari di weekend untuk berolahraga.

4. Batasi asupan kafein
Kafein seperti kopi sepertinya sangat nyaman jadi teman kerja, selain dapat menghilangkan rasa kantuk juga dapat meningkatkan stamina dan kemampuan otak dalam berfikir. Tapi, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang tak wajar akan membahayakan lambung kita, terutama jika kita perna menderita magh.

5. Siapkan makanan/snack di meja
Snakc atau makanan akan membantu menambah asupan nutrisi untuk tubuh, snack ini juga dapat mengganjal perut ketika kita lapar. Sehingga tidak sampai kelaparan dan kelelahan.
 
6. Tidur dikala siang
Malam bekerja, maka siang adalah waktunya tidur. Waktu tidur ini bisa dimulai pagi hari sampai jam 12 an, kemudian sholat dan lanjut tidur lagi. Di sore hari maka waktunya kumpul sama keluarga dan siap-siap untuk berangkat kerja.

7. Kendalikan stress
Stress biasanya menjadi penghambat ketika bekerja, ketika shift malam ketambahan stress biasanya konsentrasi menjadi berkurang. Maka, kendalikan stress dengan kembalikan mood. Misal dengan bercanda, nonton lawakan atau makan makanan kesukaan.

Nah itu adalah beberapa cara menjaga kesehatan untuk para pejuang shift malam. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

0 Response to "7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel