Resep Rahasia Newbi Blogger, Sukses dari Nol dengan Mini Hosting


Ahmaddzaki.id - Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang sangat pesat, membawa perubahan dan pergeseran di hampir semua lini kehidupan. Termasuk adanya revolusi industri 4.0 yang merupakan pintu masuknya era digital. Menurut Wikipedia, digitalisasi adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital.

Maraknya digitalisasi di semua bidang kehidupan seperti kesehatan, pemerintahan, pendidikan sampai bisnis membawa kita berada di era yang semuanya serba digital. Dalam bidang pemerintahan misalnya, jika dulu mengurus ijin-ijin harus secara manual dan menunggu lama. Kini dengan adanya OSS (Online Single Submission), mengurus ijin dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan prosesnya cepat.

Di bidang bisnis pun demikian, bergesernya proses marketing konvensional ke arah digital marketing. Apa coba sekarang yang ngga dijual secara online? Produk-produk mulai dari kebutuhan rumah tangga, kesehatan, mobil bahkan sampai rumah tidak luput dari pemasaran online melalui internet.

Digital marketing membuat proses pemasaran lebih flexible, karena internet adalah ruang yang cukup luas. Jika pada konvensional marketing, perusahaan berurusan dengan instansi besar pemilik media. Dalam digital marketing, tidak melulu instansi besar yang memegang kendali dalam pemasaran. Perseorangan pun bisa, asalkan dia memiliki massa yang menjadi target pemasaran. Jika kamu punya akun instagram dengan followers ribuan, pasti akan ditawari paid promote dari orang lain. Begitu juga ketika kamu memiliki blog/web dengan visitor ribuan, pasti banyak perusahaan yang ingin bekerja sama denganmu.

Adanya internet memang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seseorang yang ingin sukses bisnis online. Salah satu profesi yang cukup menjanjikan dalam bisnis online adalah blogger. Mengapa? 
 
Kamu yang baru saja mengenal blog, mungkin menganggap bahwa blog hanyalah tempat curhat atau sebagai catatan harian saja seperti yang dulu-dulu yang memang difungsikan untuk itu. Tapi, ternyata di era digital ini tidak hanya sebatas itu, blog ini dapat membuka pintu masuknya risky yang dapat berupa kerjasama dari perusahaan/pebisnis yang ingin beriklan untuk meningkatkan brand awareness mereka. Prinsipnya hampir sama lah dengan paid promote yang ada di instagram, hanya saja ini berbentuk tulisan yang sering disebut sebagai artikel review/content placement.

Agar kalian lebih mendalam lagi tentang bisnis melalui blog, saya telah merangkum setidaknya ada 4 hal yang sering dijadikan sebagai source of income dari seorang blogger, yaitu :



1. Content Placement (Influencer)

Seorang blogger merupakan seorang content creator yang melalui tulisan-tulisannya mampu mempengaruhi pembacanya (influencer), ketika kalian membutuhkan informasi suatu produk, kemudian kalian "googling" dan kalian terpengaruhi oleh tulisan/saran/review/testimoni orang lain maka disitulah kalian telah terkena virus.

Hanya saja, ketika kalian jadi blogger, kalian bukan menjadi objek yang mencari informasi melainkan menjadi subjek yang menyebarkan virus pengaruh kepada pembaca agar melakukan seperti yang kalian tulis.

Prinsipnya hampir sama dengan iklan sih. Intinya, kalian menulis artikel review tentang produk, dan mengajak pembaca untuk menggunakan produk tersebut. Atau minimal kalian memberi informasi tentang suatu produk tersebut. Biasanya perusahaan akan menghubungi blogger secara langsung, dan menawarkan content placement atau artikel review dengan tarif tertentu. Semakin besar blog/websitenya semakin tinggi tawarannya.

2. Succes with Adsense and other (Publisher)

Tidak dapat dipungkiri bahwa iklan adalah sumber penghasilan terbesar seorang blogger, ada banyak platform yang bisa dipilih sebagai tambahan income setiap bulannya. Yang paling terkenal adalah google adsense, dimana para blogger yang merupakan publisher akan dibayar setiap klik dan setiap tayangan iklan di blognya. Selain adsense, ada juga MGID, chitika, bidvertiser, dll.

Google Adsense ini seperti yang ada di YouTube, jika kalian pernah mendengar orang-orang yang sukses di YouTube seperti Atta Halilintar, Arif Muhammad yang memiliki penghasilan ratusan juta rupiah per bulan, maka tidak menutup kemungkinan kalian juga bisa sukses melalui blogger/website.

3  Become a winner and get achievements (Blog Competition)

Siapa yang pernah ikut lomba dan juara? Pasti dapat hadiahnya dong. Di era digital ini, banyak perusahaan yang menggelar event blog competition guna meningkatkan brand awareness mereka. Mereka biasanya menggunakan tema atau keyword tertentu yang tujuannya untuk mempromosikan produk mereka. Artikel terbaik akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah. Hadiah yang diperebutkanpun tidak main-main, bisa sampai 20-an juta rupiah. Sebagai contoh, lomba yang juga diadakan oleh jagoan hosting setiap bulannya ini, hadiah yang ditawarkan berupa uang jutaan rupiah, hosting dan domain gratis. Seru bukan??

4. Become a seller

Selain 3 cara di atas, kalian juga bisa menjadi blogger yang menjual produk-produk secara online. Kalian dapat membuat website toko online, yang isinya katalog produk yang kalian miliki. Ditambah kalian juga dapat mempromosikan produk (barang/jasa) milikmu sendiri melalui website tersebut.

Gimana, menjanjikan sekali bukan profesi sebagai seorang blogger? Tapi jangan terlalu meremehkan, jalan sebagai seorang blogger juga memerlukan perjuangan. Jika dilakukan dengan asal-asalan pasti hasilnya kurang memuaskan. Kami memiliki resep rahasia agar blogger pemula (newbi blogger) dapat sukses dengan blog/website yang mereka miliki.


Resep Rahasis Newbi Blogger, Sukses dari Nol !!


1. Tentukan Brand yang Tepat


Brand atau merek merupakan sebuah nama, simbol, gambar, logo atau gabungan dari itu semua yang berguna untuk membedakan dengan merek yang lain. Kaitannya dengan sebuah website, brand merupakan judul/nama blog sekaligus domain yang merupakan alamatnya. Blog ini memiliki nama dan domain yang sama, yaitu ahmaddzaki.id.

Pemilihan nama blog dan domain ini sangat mempengaruhi kedepannya, kita dapat melihat brand-brand website terkenal seperti kaskus.co.id, tribunnews.com, kompas.com, detik.com. Mereka adalah contoh website-website yang memiliki brand sangat bagus.

Lalu bagaimana memilih brand atau nama domain website yang baik? Ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan pada saat memilih brand untuk blog/website kalian, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Gunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .id, .co.id dan lain-lain.
  • Pilih nama domain yang mudah di ingat. Jangan seperti dlkajfdkjfsa.com 😂
  • Pilih nama domain yang unik, memiliki ciri khas dan beda dari yang lain. Jangan sampai niru seperti ini : kompass.com. Lebih baik, buat brand/nama baru yang belum pernah ada.
  • Pilih nama domain yang dapat menggambarkan keseluruhan isinya.
  • Jika website personal, gunakan namamu yang unik.
  • Pilih nama domain sesuai dengan keyword yang akan di bidik. Misal : rentalmobiljogja.com.
Pemilihan nama domain butuh dipikir matang-matang, karena ini akan menjadi alamat websitemu selama di internet. Sebaiknya langsung gunakan TLD untuk menjaga kredibilitas bisnismu. Calon customer akan lebih percaya kepada website yang sudah menggunakan TLD daripada website yang masih gratisan seperti .blogspot.com maupun .wordpress.com.

Dengan TLD website kamu juga akan terlihat profesional, lebih memiliki nilai jual dan lebih diutamakan di search engine. Untuk biaya domain sendiri cukup terjangkau kok, sekitar 100 ribuan per tahun untuk domain .com, .net dan .co.id. Apalagi jika sedang ada promo, mungkin bisa lebih murah daripada itu. Bahkan di Jagoanhosting.com, harga domain .com cukup murah yaitu hanya Rp 85 ribu/tahunnya.

Domain di Jagoanhostig.com
Domain di Jagoanhostig.com

2. Buat Website dengan Wordpress

Banyak platform yang bisa kita pilih sebagai tempat membuat website, mulai dari blogger, wordpress, weebly, wix dan masih banyak lagi. Dari beberapa platform tersebut, wordpress adalah paltform paling cerdas dan paling canggih saat ini. Banyak plugin-plugin yang akan membantu mengoptimalkan websitemu di SE (Search Engine).

Wordpress
Wordpress
Sebagai contoh adalah AMP (Accelerated Mobile Pages) yang baru digagas google setahun silam. Google akan mengutamakan website-website yang mendukung AMP ini, hal tersebut dikarenakan sebagian besar pengguna internet menggunakan mobile device, maka google sangat senang pada website yang sudah diakselerasikan untuk mobile device. Dan baru wordpress yang memudahkan penggunanya untuk membuat websitenya support AMP. Sementara di blogger belum terdapat fitur khusus yang memudahkan setting ke AMP ini.

Untuk membuat website di wordpress ada dua pilihan yang bisa dipilih, kita langsung berlangganan dengan wordpress.com atau dengan memiliki hosting sendiri kemudian instal wordpress di cpanel kita. Dari segi harga, tentu memiliki hosting sendiri akan jauh lebih murah.

Berarti selain domain, juga harus beli hosting? Yaa, jika domain adalah alamatnya maka kita perlu rumah untuk menyimpannya. Hosting inilah yang berfungsi sebagai rumah tempat kita menyimpan semua data-data website kita di internet mulai dari konten, gambar, link, dan database website kita.

Terdapat banyak layanan sewa hosting di internet, harganya pun beragam tergantung dari fitur, total disk space, band with dan banyak faktor lainnya. Untuk newbi blogger yang baru saja memulai debutnya di dunia online, bisa memilih paket hosting yang kecil dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Seperti paket mini hosting yang ditawarkan oleh jagoanhosting.com, paket ini sangat cocok digunakan untuk para blogger pemula yang notabene baru memiliki blog baru dan belum membutuhkan space yang besar.

Dengan paket ini kamu bisa memiliki hosting sendiri dengan storage 200 MB dan mampu menampung 1000 visitor setiap bulannya hanya dengan harga hanya Rp 11.000 rupiah/tahun. Atau bisa juga dengan memesan paket building yang ketambahan domain gratis .Blog dan mampu menampung visitor lebih dari 1000 / bulannya. Paket sudah memiliki fitur-fitur menarik dan didukung dengan teknologi kekinian, dan dijamin memiliki respon uptime 99,9%. Selengkapnya, review berada di bagian akhir artikel ini.

hosting-kece


Jika dirasa itu masih kurang, kalian dapat meng-upgradenya ke unlimited hosting yang memiliki space dan bandwith yang lebih besar lagi. Untuk shared hosting harga dimulai Rp 5000/bulan dengan total storage 500 Mb. Atau yang paling aman dapat menggunakan paket superstar dengan biaya Rp 25.000/bulan. Saya rasa itu sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan sebagai batu loncatan.

3. Tampilan dan Kecepatan Website

Tampilan atau desain dari sebuah blog mengandung nilai estetika tersendiri, desain ini akan mempengaruhi kenyamanan visitor ketika mengunjungi blog kita, begitu juga dengan kecepatan website. Berdasarkan survei, blog yang memiliki tampilan berantakan dan banyak iklannya akan membuat pengunjung tidak suka dan membuat merek segera cepat-cepat meninggalkan website tersebut, sementara untuk loading blog yang berat (lebih dari 3 detik) akan membuat pengunjung undur diri dan lebih memilih cari website lain di mesin pencari dengan loading yang lebih cepat.

Tentu kamu tidak ingin kan itu terjadi di blog/website kalian? Maka dari itu, pilihlah template yang rapi, clean dan membuat pengunjung betah berlama-lama di website kalian.  Akan lebih mudah jika kalian menggunakan wordpress, banyak pilihan tema yang cantik-cantik.


Dan yang tidak kalah penting, adalah mengoptimasi kecepatan website. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah website, mulai dari template yang digunakan, jumlah iklan, jumlah widget, gambar dan juga hosting yang digunakan.

4. Konten Yang Berkualitas dan Konsisten

Tampilan dan kecepatan website yang mumpuni saja tidak cukup, karena point terpenting dari sebuah website adalah kontennya. Jika konten itu menarik bahkan sangat menarik, mungkin orang akan menunggu dengan sabar walaupun loading lama dan tampilan website berantakan. Tapi, ketika konten website kalian berkualitas didukung dengan tampilan dan kecepatan yang mumpuni maka itu sebuah kombinasi yang super ciamik 😂.

Buatlah konten yang berkualitas, bermanfaat dan banyak orang yang mencarinya. Ketika orang sudah merasa suka dengan konten yang kalian buat, maka akan timbul loyalty atau kesetiaan terhadap website kalian. Visitor akan kembali lagi suatu saat untuk menikmati konten-konten yang kalian buat.

The power of content selanjutnya adalah dapat menarik minat advertiser, selain visitor ternyata advertiser juga menilai dari segi kualitas konten sebuah website. Ketika sebuah website memiliki konten-konten berkualitas maka tidak segan-segan mereka menawarkan kerjasama dengan website tersebut.

Tidak hanya advertiser, dalam blog competition maupun sebagai publisher adsense yang dinilai pertama kali adalah kontennya.

Selain kualitasnya, kalian juga butuh konsistensi dalam membuat konten-konten ini. Maksud dari konsistensi adalah, buatlah konten yang sejalan dengan niche website kalian. Misal, website kalian tentang teknologi, ya buatlah konten yang berbau teknologi. Itu akan membangun brand yang kuat di mata netizen.

Ada beberapa tips dari saya untuk membuat konten berkualitas ini, perhatikan infografis di bawah ini :

Membuat konten berkualitas
Membuat konten berkualitas

5. Pahami SEO dan Link Building

Bagi newbi blogger mungkin istilah SEO masih terdengar asing, SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah langkah dalam mengoptimasi posisi website agar berada di posisi pertama atau minimal di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

SEO ini penting untuk mengoptimasi konten yang telah kita buat. Sehingga konten-konten tersebut dapat berada di posisi atas di search engine, sehingga kemungkinan di klik oleh pengguna internet semakin besar. Saya tanya, ketika kalian search di google dengan kueri penulusuran tertentu, website mana yang kalian klik? Saya yakin, sebagian besar kalian akan memilih website dengan posisi paling atas. Nah, tugas SEO adalah membuat konten tersebut berada di atas.

Sayangnya tidak ada ilmu pasti untuk SEO ini, apalagi google rajin update algoritmanya. Tapi, kita masih bisa menggunakan teknik dasarnya yang masih digunakan dalam algoritmanya google. Link building adalah optimasi SEO yang paling sering digunakan dan masih eksis sampai sekarang, cuman pengaruhnya tidak sebesar dulu. Link building merupakan optimasi dengan membuat backlink natural (link yang mengarah ke website kita) di website atau blog milik orang lain.

Link building hanyalah bagian kecil saja dari SEO, pasalnya hampir semua aspek dalam website terdapat kaitannya dengan SEO ini mulai dari tampilan, template, kecepatan, keyword, judul artikel, gambar, tag heading dan masih banyak lagi. Untuk itu butuh waktu yang lebih banyak lagi untuk belajar masalah SEO ini, rajin-rajin membaca artikel tentang SEO yaa.
 
Sebagai awalan agar membuka jalan pikiran kalian saya beri sedikit tips SEO dasar untuk para newbi blogger agar posisi websitenya dapat meningkat di SERP (Search Engine Result Page) :
Teknik Dasar SEO
Teknik Dasar SEO


#Riset Keyword
  • Gunakan Google Keyword Tool untuk mengetahui kueri penulusuran yang paling banyak digunakan.
  • Gunakan Google Trend untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini. 
#Template SEO Friendly
  • Gunakan template yang fast loading
  • Tidak ada eror
  • Paling baik gunakan template yang support AMP 
#Optimasi Konten Berkualitas
  • Buat judul yang menarik, lebih baik jika sebelumnya riset keyword terlebih dahulu.
  • Gunakan optimasi tag heading.
  • Optimasi gambar dengan Alt tag dan title gambar.
  • Compress gambar jika ukurannya terlalu besar.
  • Manfaatkan fitur bold, italic dan underline
  • Optimalkan fitur tag dan search description.
  • Optimalkan atur permalink (mengatur link post)
#Gunakan Search Console
  • Search console digunakan untuk memantau posisi website dan kesehatan website
  • Submit url dan sitemap agar konten cepat terindex
#Optimalkan Kecepatan Website
  • Gunakan hosting berkualitas : Jagoanhosting.com
  • Optimalkan template
  • Optimalkan gambar
  • Instal plugin yang mendukung kecepatan sebuah website
#SEO On Page
  • Gunakan nama blog dan domain yang sesuai dengan keyword yang dibidik.
  • Gunakan template SEO Friendly.
  • Gunakan plugin-plugin yang mendukung SEO (All in one SEO Pack, Yoast SEO dll).
  • Gunakan SSL untuk keamanan website.
  • Kaitkan satu post dengan post yang lain (internal link building).
#Optimasi SEO Off page
  • Bangun external link building sealami-alami mungkin dan cari backlink dari website yang berkualitas (kaskus, kompasiana, medium dll).
  • Rajin komentar di website/blog yang seniche.
  • Share artikel ke sosial media (fb, twitter, pinterest, ig) dan sosial bookmark (scoop it, folkd)

6. Kuasai Desain untuk Estetika Website

Konten ketika hanya berisi tulisan saja, tentu akan membuat pembaca cepat merasa bosan. Apalagi kebanyakan orang lebih menyukai tampilan visual daripada teks. Gambar, infografis dan animasi adalah kunci membuat tulisan menjadi lebih hidup. So, mulailah belajar desain. Tidak melulu harus menggunakan Corel Draw, sebagai awalan kalian bisa menggunakan Canva atau Power Point untuk membuat infografis sederhana.

7. Bangun Personal Branding di Sosial Media

Selain berurusan dengan hal teknis dalam website seperti tampilan, SEO dan konten. Kita juga perlu membangun personal branding di sosial media. Membangun personal branding ini agar orang tahu apa yang kita bisa, apa yang kita miliki dan apa yang bisa dimanfaatkan dalam diri kita. Blogger yang memiliki citra yang baik, akan sering mendapatkan job kerjasama dari pihak-pihak luar. Membangun personal branding ini dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu :
  • Buat dan share konten positif dan bermanfaat
  • Ikut kompetisi dan raih prestasi.
  • Share keahlian dan kelebihanmu.
  • Bangun citra yang baik melalui konten positif yang menginspirasi.
  • Bujuk advertiser agar mau memberikan testimoni di website / akun sosial mediamu.
Semua resep di atas tidak akan berjalan apabila kita tidak memiliki alamat rumah dan rumah sebagai tempat tinggal data-data kita di internet. Dan sesuai janji saya di atas, bahwa saya akan membahas tentang domain dan hosting yang merupakan dua hal yang paling mendasar dari sebuah website. Pemilihan domain dan tempat hosting sangat mempengaruhi kesuksesan website / blogger.

Domain diperlukan sebagai alamat website, untuk itu diperlukan nama yang singkat, mudah di ingat, unik, dapat membedakan dengan website yang lain dan mampu mewakili konten di dalamnya. Sementara hosting, diperlukan server yang stabil, tidak sering down dan memiliki kecepatan up time yang stabil.

Review Mini Hosting Untuk Newbi Blogger, Langsung #AutoKeren
Hosting biasanya memiliki kapasitas penyimpanan tertentu yang dapat menyimpan data-data website kita, hosting juga memiliki besar bandwith sebagai wadah total kunjungan website kita perbulan. Semakin besar kapasitas penyimpanan (storage) dan bandwithnya tentu akan semakin mahal.

Sebagai newbi blogger yang baru akan membangun sebuah website, dapat memilih hosting-hosting dengan kapasitas penyimpanan dan badnwith yang kecil terlebih dahulu. Sehingga akan lebih efisien dalam hal budget. Baru ketika sudah dibutuhkan storage yang lebih besar atau terjadi lonjakan pengunjung, dapat dilakukan upgrade ke hosting yang lebih besar kapasitasnya.

Saya rasa mini hosting dari jagoanhosting.com sangat pas untuk para newbi blogger, hanya dengan Rp 11.000/tahun saja kalian sudah dapat memiliki Hosting Kece Jagoan Hosting yang dapat kalian instal wordpress di dalamnya.

Paket Mini Hosting dari Jagoan Hosting
Paket Mini Hosting dari Jagoan Hosting

Setelah hosting kalian punya, kalian juga perlu domain. Pilih saja domain .com atau .net untuk kepentingan komersil, atau domain web.id jika menginginkan domain yang lebih murah. Domain .com dapat kalian beli seharga Rp 85.000/tahun di jagoan hosting. Atau kalian juga dapat memilih paket hosting blogger kece, yang akan mendapatkan domain .BLOG sekaligus hosting kecenya.

Jadi, total biaya membuat website dengan mini hosting + domain .com adalah Rp 11.000 + Rp 85.000 = Rp 96.000,-. Harga tersebut mungkin belum termasuk pajak, dan akan dikenai tambahan biaya jika kalian menambah fitur-fitur tambahan lainnya.

Mengapa Harus Mini Hosting Jagoan Hosting? #AutoKeren
Jagoanhosting.com adalah penyedia layanan sewa hosting dengan berbagai macam produk seperti shared hosting, cloud hosting, cloud vps dan juga domain termurah di Indonesia. Jagoan hosting memiliki berbagai pilihan paket yang dapat kalian pilih, mulai paket terkecil "mini hosting" untuk para pemula sampai dengan paket "epic hosting" untuk website yang membutuhkan kapasitas besar.

Uniknya hanya ada di jagoanhosting.com saja yang menawarkan sewa hosting seharga satu porsi nasi goreng untuk jangka waktu satu tahunnya. Dan bila dikalkulasi setiap bulannya, maka hanya butu Rp 950,- perak saja harga sewanya setiap tahunnya. Terbilang cukup murah dan sangat-sangat terjangku untuk kalian yang masih belajar tentang website.

Harga tersebut tidak lantas produk ini tidak berkualitas alias abal-abal, dengan harga Rp 950-/bulan kalian sudah mendapatkan layanan web hosting yang didukung dengan teknologi kekinian. Apa sajakah itu? Simak berikut ini :


Nah, itu adalah sedikit review tentang mini hosting dari jagoan hosting. Jika masih ada yang perlu ditanyakan lagi dapat menghubungi customer dari Jagoanhosting.com yang cantik ini saja. Jangan lupa like & share artikel ini yaa. Terimakasih !!
customer-service-jagoan-hosting


0 Response to "Resep Rahasia Newbi Blogger, Sukses dari Nol dengan Mini Hosting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel