Apa itu Active Server Pages (ASP)?

Apa itu Active Server Pages (ASP)? - Pada awalnya anyak anggapan yang menyangka bahwa halam Web seperti halaman dalam buku, disimpan utuh di dalam penyimpanan yang disebut server (hosting). Namun, semakin lama halaman dalam sebuah web menjadi dinamis, hanya ada pada saat penggunanya memintanya, dan kontennya sangat ditentukan oleh apa yang diminta penggunanya.

ASP (Active Server Pages) merupakan platform layanan web yang digunakan untuk meningkatkan interaksi yang lebih besar dari pengguna (pengunjung) web dan memudahkan penyesuaian konten web.

Dalam pemograman, ASP bekerja dengan objek bawaan yang merepresentasikan fungsi halaman Web Dasar. Objek RecordSet dapat menyediakan akses ke berbagai database; objek Respons dapat dipanggil untuk menampilkan teks sebagai respons terhadap tindakan pengguna; dan objek Sesi menyediakan variabel yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi tentang tindakan pengguna sebelumnya seperti menambahkan item ke keranjang belanja. Kontrol perilaku objek dalam halaman Web dan sesi awalnya ditangani oleh kode tertulis dalam bahasa scripting seperti VBScript dan tertanam dalam teks HTmL (lihat html dan vbscRipt).

Apa itu ASP?
Apa itu ASP?
Namun, ASP .NET baru diperkenalkan pada tahun 2002, yang memungkinkan layanan Web ditulis dalam bahasa pemrograman lengkap seperti Visual Basic .NET dan C #, meskipun dalam skrip-halaman masih dapat digunakan. Ini dapat memberikan beberapa keuntungan: akses ke alat pengembangan perangkat lunak dan metodologi yang tersedia untuk bahasa pemrograman yang sudah mapan, pemisahan kode program yang lebih baik dari elemen “presentasional” (pemformatan) HTmL, dan kecepatan dan keamanan yang terkait dengan kode yang dikombinasikan.

ASP .NET juga menekankan bahasa markup Extensible yang semakin lazim (seperti xml) untuk mengorganisasi data dan mengirimkan data tersebut di antara objek menggunakan Protokol Akses Objek Sederhana. Meskipun ASP. NET dirancang untuk digunakan dengan Internet Information Server dari microsoft (IIS) di bawah Win-dows, proyek mono sumber terbuka (disponsori oleh Novell) mengimplementasikan subset yang berkembang dari kelas .NET untuk digunakan pada platform UNIx dan Linux menggunakan kompiler

C # dengan kompiler C # dengan antarmuka pengguna yang sesuai, grafik, dan basis data libraries. Suatu pendekatan alternatif (atau pelengkap) yang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir mengurangi beban pada server Web dengan menghindari harus mengirim ulang seluruh halaman Web ketika hanya sebagian kecil yang benar-benar perlu diubah. Lihat ajax (JavaScript asinkron dan xmL).

1 Response to "Apa itu Active Server Pages (ASP)?"

  1. untuk orang yang bersentuhan dengan data ilmu ini sangat dibutuhkan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel