Cara Mengetahui Total RAM di Laptop atau PC

Cara Mengetahui Total RAM di Laptop atau PC - RAM adalah memori yang diperlukan saat aplikasi dijalankan, semakin besar RAM yang digunakan maka akan semakin baik jika digunakan untuk multi tasking. Setiap menjalankan aplikasi, membutuhkan memori. Nah memori tersebut yang kita sebut sebagai RAM. Jika aplikasi tersebut tidak dijalankan, maka tidak akan membebani RAM. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, berarti semakin bayak pula memori di RAM yang terpakai.

Laptop-laptop kisaran 3-4 juta biasanya masih menggunakan RAM 2GB yang nantinya masih bisa di UPGRADE lagi. Pabrikan biasanya juga menyediakan dual slot ram, artinya ada satu slot RAM lagi yang bisa kita gunakan untuk menambah total RAM di laptop kita.


Sementara jika kita ingin mengupgrade, harus tahu dulu compatible dari laptop tersebut. Masook ngga kalau di kasih 16 GB, atau hanya mampu sampai ke 8 GB. Itu yang harus kita cari tahu dulu.

Mengetahui total RAM di Laptop ini biasanya diperlukan ketika akan menjual sebuah laptop atau malah pada saat akan beli laptop second. Nah, berikut ini adalah cara mengetahui total RAM yang digunakan dalam sebuah LAPTOP atau PC.

1. Hidupkan komputer/laptop
2. Tekan tombol windows + R secara bersama-sama
3. Ketikkan dxdiag
cara mengetahui total ram di laptop
cara mengetahui total ram di laptop

4. Tunggu loading, maka akan muncul spesifikasi laptop yang kalian gunakan. 
cara mengetahui total RAM di laptop
cara mengetahui total RAM di laptop

Dalam DirectX Diagnostic Tool akan muncul berbagai informasi tentang spesifikasi laptop yang kalian gunakan guys. Kalian cari yang "memory" dan tertulis 4096 RAM (4 GB).

Jika di laptop kalian tertulis 2000 sekian, maka laptop kalian menggunakan RAM 2 GB. Jika 8000 sekian makan laptop kalian menggunakan RAM 8 GB.

Demikian artikel tentang cara mengetahui total RAM di laptop/komputer, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih guys. Baca juga : Apa itu mechanical keyboard?

1 Response to "Cara Mengetahui Total RAM di Laptop atau PC"

  1. Ini menjadi penting bagi, pengguna laptop untuk mengetahui berapa kapasitas ram yang ada di laptop tersebut. Jangan sampai kamu melewatkan yang namanya speks sesuai kebutuhan bermain games misalnya, karena rata-rata games yang ada sekarang membutuhkan speks laptop dengan minimal RAM 2GB.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel