Istilah-Istilah dalam Linux Untuk Pemula

Istilah-Istilah dalam Linux Yang Perlu Kamu Ketahui - Salah satu operating system yang paling banyak digunakan adalah Linux, tentu saja kalau dari segi jumlah usernya masih kalah dengan pengguna OS windows. Iyaa lah, namanya juga Widows, OS paling merajai dan rata-rata game, aplikasi dan software yang ada saat ini pasti support windows. 

Walaupun begitu, tapi pengguna linux tetap masih ada. Bahkan kian hari semakin banyak seiring bertambahnya fitur dan kemudahan dalam hal pengoperasiannya. 

Saya sendiri juga terhitung sebagai pengguna linux, tentu ada alasan tersendiri mengapa saya lebih memilih menggunakan linux. Yang pertama, saya sudah punya laptop yang menggunakan windows pada sistem operasinya, nah pada komputer saya instalkan linux karena memang linux memiliki kelebihan dalam hal keamanannya (securitynya).

Saya ngga perlu mikir anti virus, update anti virus dan ngga perlu takut komputer terkena virus. So, alasan saya menggunakan linux adalah karena keamanannya yang berlapis-lapis, wkwk.

Mungkin kamu juga demikian, menggunakan linux karena udah geram dengan virus yang kadang buat frustasi. Atau kamu hanya sekadar pengen coba-coba dan merasakan hal yang baru dengan komputer yang kamu miliki.

Istilah-Istilah dalam Linux Untuk Pemula

Nah, bila kamu pertama kali menggunakan linux, berikut ini adalah beberapa istilah dalam Linux yang perlu kamu ketahui saat pertama kali menginstalnya.

1. Terminal
Eitts, bukan terminal tempat nongkronnya para bus lho ya, tapi merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memberikan perintah kepada sistem operasi dengan serangkaian perintah yang di imput menggunakan keyboard.

Yaa semacam comand prompt kalau di windows lah, nah di linux dikenal dengan yang namanya terminal. Untuk membuka terminal caranya pergi ke Menu > Administration > Terminal.

Contoh Peritah di Linux
Contoh Peritah di Linux

Atau dengan jalan pintas dengan kombinasi keyboard CTRL + Alt + T.

Misal saja perintah rm file22.txt, maka sama itu memerintahkan untuk menghapus (remove) file22.txt. Kemudian, kode "date" misalkan, ini digunakan untuk melihat tanggal. Coba lihat screen shot dibawah ini guys : 

2. Username dan Password
Sepertinya jika username dan password kamu tidak asing lagi kan, seperti yang lain username adalah nama pengguna yang digunakan untuk masuk ke sistem linux bersama dengan password. Dalam satu sistem linux, username dapat dibuat lebih dari satu dan tidak boleh sama satu lain.

3. Distro LInux
Distro linux merupakan kepanjangan dari distribution linux, jadi linux berbeda dengan windows. Jika windows di komersilkan, linux bebas dimiliki oleh siapapun, dan bebas juga untuk dimodifikasi. Para praktisi bekerja sama menciptakan sebuah operating system yang user friendly sesuai dengan kebutuhan, munculah linux-linux dengan berbagai versi yang ada.

Beberapa distro linux yang paling terkenal antara lain Ubuntu, Linux Mint, Debian, Black On, Fedora, Arch Linux dan lain sebagainya. Cuman yang paling sering digunakan di Indonesia kalau ngga Ubuntu ya Linux mint, karena keduanya yang paling mudah digunakan.

4. LibreOffice
Kalau di windows kita mengenalnya Microsoft Word, maka di linux ngga ada microsoft word. DI linux ada aplikasi bawaan yang digunakan untuk kebutuhan kantor (office) seperti mengetik, presentasi, dll. 

Di linux dikelan dengan Libre Office, bila di Windows ada microsoft word maka di linux ada Libre Office Writer, bila di Windows ada microsoft excel maka di linux ada Libre Office Calc. 

Pada fungsinya sih sama-sama aja, format .doc dari microsoft word pun bisa dibuka dengan libre office writer. Sayangnya bila kita menulis di Libre Office terkadang ada format yang ngga support, jadi terkadang harus edit ulang di ms wordnya.

5. Root
Ketika kita membuka suatu file atau software, kemudian kita klik kanan maka ada pilihan "open as root". Root disini adalah partisi induk dari file sistem linux yang diwakili denan simbol back slash (garis miring), root ini juga merupakan hak akses tertinggi untuk user dalam linux. Kalau di windows kita menengal "run as administrator", nah root ini mirip dengan administrator. Root ini umumnya akan diberi tanda pagar # jika kita membuka yang ada di terminal console, sementara untuk user biasa diberi tanda $.

6. Panel
Dalam hal penamaan, sistem operasi linux memang sedikit berbeda dengan yang ada pada windows. Jika di windows kita mengenal task bar, maka di linux istilahnya bukan task bar. Melainkan panel, apa sih panel itu? Itu lhoo, semacam menu yang biasanya ada di bagian bawah sendiri berbentu garis memanjang. Bisa juga di pindah ke atas, samping kanan atau samping kiri.

7. System Setting
Jika di windows ada control panel, maka di linux ada system setting yang didalamnya kita bisa mengatur tampilan (appearance), preferen, hardware, administration dan lain sebagainya.

8. Software Manager
Software manager adalah fitur yang ada pada linux untuk mengatur software-software yang terinstal di komputer kita, kita dapat mencari dan mendownload software-software yang compatible dengan linux. Tampilan dari software manager dapat dilihat dibawah ini guys :

Software Manager di Linux
Software Manager di Linux
Demikian aja dulu guys tentang istilah-istilah dalam linux untuk pemula, jika ada yang masih bingung dapat ditanyakan di komentar yaa. Kita sharing bareng.

0 Response to "Istilah-Istilah dalam Linux Untuk Pemula"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel