Perkembangan Umum Sistem Operasi (Operating System) di Dunia

Ahmaddzaki.id, Perkembangan Umum Sistem Operasi (Operating System) di Dunia - Dalam sebuah perangkat elektronik seperti komputer, tablet, smartphone, hingga mesin atm pun memiliki sistem operasi. Sistem operasi memiliki pengertian sebagai sebuah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan bagi pengguna ketika mengoperasikan suatu perangkat komputer atau semacamnya. 

Ada tiga macam sistem operasi untuk komputer yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia, sistem operasi tersebut antara lain Windows, Linux dan Mac OS. Masing-masing sistem operasi memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing, namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows, mungkin karena kemudahannya dan kelengkapannya yang sangat komplit. 

Ngomong-ngomong masalah sistem operasi nih guys, kayaknya seru aja kalau kita berbicara tentang sejarahnya sistem operasi, terutama dari perkembangannnya. Bagaimana dulunya sistem operasi itu bisa ada, kok bisa gitu lhoo.

Okee lah, daripada nanti semakin penasaran. Langsung aja lah berikut ini perkembangan secara umum sistem operasi di dunia. Baca sampai akhir ya guys, jangan sampe ada yang kelewat.

Perkembangan Umum Sistem Operasi (Operating System) di Dunia

OS terbaru Android Pie (Versi ke-9)
OS terbaru Android Pie (Versi ke-9) 
Perkembangan umum ini ditulis berdasarkan pendapat dari Tanebaum yang terbagi menjadi 5 (lima) generasi.

1. Generasi Pertama (1945-1955)

Pada generasi awal yang berlangsung dari mulai 1945 sampai 1955 ini terjadi perkembangan dari sistem komputasi mekanik beralih ke sistem komputasi elektronik. Tujuannya untuk menciptakan efisien dan pengolah data yang lebih cepat dan tepat, pasalnya bila mengandalkan kemampuan manusia sering terjadi kesalahan, kecerobohan dan kekeliruan, misal saja dalam hal hitung menghitung.

Pada generasi awal ini, sistem operasi belum tercipta, oleh sebab itu sistem komputer diberi instruksi secara manusal oleh user/pengguna. 

2. Generasi Kedua (1955-1965)

Pada generasi kedua dengan rentang antara 1955 - 1965 muncul sebuah system yang bernama Batch Processing System, sistem ini memberikan perintah kerja dalam satu rangkaian, yang kemudian dieksekusi secara berurutan.

Pada generasi sistem komputer masih belum disematkan sistem operasi, hanya saja keberadaan sistem operasi sudah ada di masa rentang waktu generasi kedua ini, sebagai contoh sistem operasi FMS dan IBSYS.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)

Lanjut ke generasi ketiga yang dimulai dari tahun 1965 sampai dengan 1980, pada masa ini sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat banyak, suatu sistem operasi mampu melayani multi user (banyak pemakai) dimana para user dapat berkomunikasi melalui terminal secara online ke komputer.

Perkembangan pada generasi ketiga ini, sistem operasi sudah memiliki fitur seperti multi user (mampu digunakan banyak pengguna), multi-programming (mampu menjalankan beberapa program sekaligus) dan multi-tasking (mampu menjalankan banyak tugas dan pekerjaan / Batch Processing System).

4. Generasi Keempat (1980 - 2000-an)

Mendekati tahun-tahu 2000-an, perkembangan sistem operasi semakin terlihat. Di generasi keempat yang dimulai tahun 1980 ini sistem operasi sudah menggunakan Graphical User Interface (GUI) yang merupakan sistem operasi komputer berbasis grafis dan sangat user friendly. 

Di era inilah dimulainya era komputasi tersebar (distributer comuter) dimana komputasi-komputasi tidak lagi terpusat pada satu titik saja, melainkan dibagi kebanyak komputer sehingga kinerjanya akan lebih cepat dan lebih baik.


5. Generasi Selanjutnya

Pada generasi selanjutnya, sistem operasi sudah sangat maju. Hingga diperkenalkan sistem operasi yang berada dalam sebuah sistem operasi dan sistem operasi bergerak pada perangkan bergerak seperti : PDA, Poket PC, Laptop, Notebook, dan Netbook.

Sistem operasi jaringan virtual juga mulai berkembang, sehingga akan lebih efisien karena satu jaringan hanya perlu diinstal satu sistem operasi saja, letak penginstalannya adalah pada perangkat servernya (utama).


Pada masa ini juga diperkenalkan sebuah virtualization sistem  yang mana satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang mampu bekerja bersama-sama. 

Ada juga multiboot (Cross Platform Operating System) yang memungkinkan satu komputer menggunakan dua buah sistem operasi yang berbeda, sebagai contoh antara Linux dan Windows. Jadi pengguna dapat memilih mau booting (menghidupkan komputer) dengan OS windows yang berjalan, atau memilih linux, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tentunya. 

Perkembangan sistem operasi juga mendominasi dari kelas mobile (HP), munculnya berbagai smartphone android hingga iPhone adalah salah satu bukti perkembangan sistem operasi di kelas mobil. Sebagai contoh yang paling populer adalah Android, iOS, Blacberry OS, Windows mobile, Windows Phone dan Symbian milik nokia.

Pada masa ini juga menjadi masa peluncuran iClaud (layanan kompuasi awan) yang merupakan layanan jaringan yang diperkenalkan oleh perusahaan Aple di bulan juni 2011.

Dengan iCloud ini, para pengguna iOS dapat mensinkronisasi data seperti foto, musik dan dokumen dari perangkat satu ke perangkat yang lain  seperti ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan.

Bila kita tengok perkembangan sistem operasi saat ini sudah sangat pesat sekali, sistem operasi dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan penggunaan dan komunikasi. Sebagai contoh saat ini sistem operasi terbaru pada tahun 2018 yang ada di Android sudah mencapai generasi ke-9 yang disebut dengan android pie. 

Sementara untuk windows, saat ini sudah mencapai Windows 10, yang menurut saya cakep banget sih dari fitur-fiturnya.

0 Response to "Perkembangan Umum Sistem Operasi (Operating System) di Dunia"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel