Keuntungan Menggunakan Fiber Optik Dalam Sebuah Layanan Internet

Yogyakarta, AhmadDzaki.id - Bagi yang menggunakan layanan internet rumahan mungkin sudah tidak asing lagi dengan fiber optik, karena hampir semua provider internet saat ini menggunakan fiber optik untuk menyambungkan ke internet. Sebut saja indihome dari telkom yang mungkin paling luas jaringannya. Tapi sayang, di rumah saya belum support fiber optik dari indihome, padahal pengen banget menggunakan layanannya. 

Melihat dari sejarah, fiber optik di Indonesia sudah mulai digunakan pada layanan internet sejak awal tahun 2000, namun layanannya masih terbatas tidak seperti sekarang yang meluas hingga pelosok-pelosok. 

Fiber optik dapat menyalurkan sinyal cahaya dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sumber cahaya yang umumnya digunakan yaitu laser atau LED. Alasannya, laser memiliki spektrum yang sangat sempit, sehingga cahaya yang ada di dalam serat optik akan terjaga dan tidakk bisa keluar. 

Kecepatan penyaluran pada serat optik sangatlah tinggi, sehingga akan sangat baik bila digunakan sebagai saluran komonikasi maupun saluran internet.

Dibandingkan dengan yang lain apa saja sih keuntungan menggunakan fiber optik dalam sebuah layanan internet? Berikut ini ahmaddzaki.id merangkumnya :

Keuntungan Menggunakan Fiber Optik
Keuntungan Menggunakan Fiber Optik

1. Lebih Cepat
Dibandingkan dengan media lain seperti temaga/koaksial, fiber optik nyatanya dapat mentransmisikan lebih cepat, lebih banyak dalam jarak jauh. Ditaksir kemampuan fiber optik dapat mentransfer data hinga 1.000 Mbps. Fier optik juga dapat mengirim sinyal cahaya digital leih dari 100 km tanpa ada alat penguat, hal tersebut dikarenakan dari kemurnian serat kaca yang digabung dengan sistem elektronik yang canggih.

Fiber optik juga terhindari dari berbagai gangguan sinyal, bandwit besar dan hanya sedikit mengalami transmisi loss.


2. Lebih Handal
Fiber optik memiliki struktur yang terdiri dari beberapa susunan, seperi cladding, core dan buffer coating. Dimulai dari lapisan terluang yang disebut dengan Cladding, kemudian buffer coating merupakan selubung plastik yang berfungsi sebagai pelindung serat dari kerusakan yang disebabkan karena penekukan kabel dan berbagai pengaruh dari luar. Sementara itu core atau inti adalah sebuah serat kaca tipis yang menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan.

Karena itu, fiber optik lebih handal dan kuat dari berbagai ancaman dari luar seperti cuaca, petir dan gangguan elektromagnet. Bila digunakan sebagai layanan internet, komponen elektronik dan komputer yang terhubung akan lebih aman.


3. Lebih Stabil
Selain mampu mentransfer data hingga 1000 Mbps, fiber optik nyatanya juga memiliki kecepatan yang lebih stabil. Karena apa? karena itu tadi lebih handal, tidak teganggu dengan gelombang elektromagnetik maupun frekuensi radio. Tentu ini akan menjadi keuntungan bagi youtuber maupun gamer, kedua ini pastinya membutuhkan stabilitas jaringan internet untuk mendukung kegiatan maupun pekerjaan di internet.

4. Lebih Canggih
Kecepatan transfer fiber optik yang hampi menyamai kecepatan cahaya membuat teknologinya menjadi teknologi penghantaran data tercanggih dalam layanan fixed broadband. Belum ada kebl yang lain yang secanggih fiber optik, mungkin kedepannya akan ada pengembagan dari fiber optik ini. 

Kalau itu kelebihan, pasti ada kekurangannya dong. Kekurangannya salah satunya adalah fiber optik ini digunakan untuk home atau rumahan, jadi tidak portable yang bisa kita bawa kemana-mana. Jadi kalau pengen akses internet di luar rumah, ya tetap harus memakai modem atau dari hp.

0 Response to "Keuntungan Menggunakan Fiber Optik Dalam Sebuah Layanan Internet"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel