Tidak Pernah Terbayangkan, Ini 5 Dampak Negatif Teknologi Yang Memprihatinkan

Selamat datang guys di ahmaddzaki.id yang akan membahas mengenai dunia teknologi. Yang khusus kali ini adalah tentang dampak negatif teknologi yang sangat memprihatinkan. Teknologi seyogyanya mampu membantu dan memudahkan pekerjaan manusia, tapi dibalik fungsinya yang sangat penting tersebut ternyata membawa dampak negatif pula.

Misalkan saja pada teknologi komunikasi dan internet, terjangkaunya smartphone membuat seseorang dengan mudah memiliki barang kecil yang canggih ini. Ditambah akses internet yang murah, bahkan gratis di tempat-tempat tertentu tentu saja akan membuat seseorang bebas menjelajahi internet.

Masalahnya, internet selain memiliki segudang manfaat tetapi juga memiliki dampak negatif bagi mereka yang tidak menggunakannya di jalan yang benar. Apa sajakah dampak negatif teknologi di zaman sekaran ini? Simak ulasannya berikut :

1. Hoaks

hoaks
sumber : tribunnews.com
Mungkin 10 tahun yang lalu masyarakat Indonesia masih terasa aman dan damai dengan tidak adanya berita-berita yang tidak bisa dipastikan kebenarannya alias hoaxs. Dulu, berita mungkin hanya dari radio atau televisi saja, tapi sekarang berita bisa dari mana saja, dari facebook, twitter, instagram, website yang kemunculannya akan sangat-sangat mudah untuk disebarluaskan. 

Kasus hoaks semacam ini sudah masuk secara intensif, dan itu juga menjadi permasalahan di berbagai negara termasuk Indonesia, masalahnya hampir semua hoaks diciptakan secara sengaja untuk mengintervensi kalangan tertentu. Berdasarkan data, hoaks paling menjamur yaitu di bidang politik. 

Tinggal masyarakatnya saja yang perlu dibekali untuk menangkal hoaks, dan tindakan tegas dari penegak hukum kepada para pelaku penyebar hoaks diharapkan mampu mengatasi hoaks di Indonesia.


2. Demam Gadget
demam gadget, dampak negatif teknologi
sumber : merdeka.com
"Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat". Rasanya menjaadi ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi kalangan muda saat ini, mereka menggunakan gadget sudah tidak mengenal tempat, ngga di rumah, di sekolah, di mall bahkan dikelas pun mereka juga bermain gadget. Kita bisa melihat secara langsung pada saat momen-momen berkumpul, orang lebih sibuk dengan gadgetnya ketimbang dengan orang yang ada di depannya. Fenomena ini belum lama terjadi, dan menjadi salah satu dampak negatif akan adanya gadget dalam kehidupan manusia.

3. Hilangnya Permainan Tradisional
hilangnya permainan tradisional
sumbe : news.okezone.com
10 tahun yang lalu masih teringat di pikiran saya, bermain kelereng hingga sore hari, tidak hanya bermain kelereng, saya juga bermain tekongan, gobag sodor, kapal-kapalan dan juga petak umpet. Namun, kok rasa-rasanya permainan tersebut sudah mulai hilang dan terganti dengan hadirnya game-game online dan game smartphone seperti mobile legend, angry birds dan lain sebagainya. Fenomena hilangnya permainan tradisional ini tidak lain disebabkan oleh adanya teknologi yang berkembang sangat pesat.

4. Konten Negatif dan Rusaknya Moral
konten negatif dan rusaknya moral
sumber : papua.bisnis.com

Internet membawa dampak negatif pada penyeberan konten-konten negatif seperti pornografi dan tindak kekerasan. Apalagi penyebaran tersebut dapat diakses dengan bebas oleh para pengguna internet. Tentu akibatnya tidak hanya jangka pendek, tapi juga jangka panjang seperti rusaknya moral, meningkatnya tindak kriminal dan lain sebagainya. 

5. Budaya Mencaci
Makin mudah memperoleh informasi, makin mudah pula memberikan reaksi. Dimana sekarang publik sangat mudah mengekspresikan bentuk kekecewaanya atau kebenciannya kepada individu yang menuai banyak skandal atau yang tidak disenanginya.

Yuk, jani pengguna teknologi yang cerdas. Gunakan teknologi untuk memudahkan kita, atau malah bisa memanfaatkan teknologi sebagai sumber penghasilan.

0 Response to "Tidak Pernah Terbayangkan, Ini 5 Dampak Negatif Teknologi Yang Memprihatinkan"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel