Pengalaman Memasang RAM DDR 3 12800 kedalam Motherboard, Ternyata Ngga Support

AhmadDzaki.id - Terus terang akhir-akhir ini saya sedang hobi built pc gan, ya buat belajar sebelum nantinya pengen bangun channel di youtube. Jadi ceritanya kemarin PC gue baru jadi guys, terus gue inisiatif lah buat nambahin RAM, maklum saja di PC  gue RAM nya cuma 2 GB dan terkadang suka macet-macet sendiri. Setelah broswing-broswing masalah harga, akhirnya saya memutuskan untuk beli yang 4GB, yang ibaratnya cocok lah dengan isi dompet gue.

Keesokan harinya langsung saya ke el's computer di jogja, beli ram 4GB DDR PC 12800 dengan harga 480 ribu kalau ngga salah. Nah, disitu gua sudah seneng banget, pulang bisa bawa RAM 4GB baru lagi, merk samsung lagi. Maklum lah waktu itu gua masih awam dengan yang namanya built pc, biasanya ya langsung di taruh di mas-mas langsung bilang mas rakitin pc ya budget sekian kalau bisa cpunya ini, ramnya segini. Tapi waktu itu sih pengen mulai belajar guys, biar ngga ketergantungan sama toko, he he.

Di hari kemudian karena hari itu sedang males, kemudian gue pasang RAM 4 ke PC nya. Setelah terpasang dengan bener, kemudian gua hidupin pcnya. Jeduar !! meletus? Ngga, cuma ngga nyala aja. cpu mau hidup tapi tidak muncul di monitor, sama aja boong.

Akhirnya kupaksa mati cpunya, dan saya tuker tempat RAM nya (sama aja kali mas, mau dituker bagaimanapun). Yes, bener sama aja ngga ngaruh, pc gua tetap ngga nyala.

Kemudian, yang RAM aslinya gue lepas, jadi di pc gua tinggal yang baru 4GB, hasilnya tetap ngga nyala. Waahhh apa nih, apa jangan-jangan RAM nya 4GB ini kali yaa. Langsung deh saya kembaliin normal seperti sedia kala, saya hanya pasang yang 2GB.

Benar saja pc gua sekarang nyala + normal. Setelah cari-cari ternyata belum juga ketemu masalahnya apa, ada yang bilang karena biosnya ngga support, ada yang bilang karena mother board saya yang emang sudah jadul, jadi ngga bisa ngebaca ramnya. Banyak katanya kemungkinan yang bisa terjadi. Itu saya baca-baca di kaskus. BTW ini mother board saya, nah kalau agan tahu solusinya gimana, bisa comment dibawah ini ya guys.

Memasang RAM DDR 3 12800
Memasang RAM DDR 3 12800
Jadi kalau kalian beli RAM lebih baik cek dulu motherboardnya, support RAM seperti apa. Jangan seperti saya :). Kalau bisa sih disamain dengan yang dahulunya, spesifikasi dan merknya sama kalau bisa.

Nah, karena ngga mau rugi, di hari kemudian saya pergi lagi ke el's untuk nuker RAM 4GB nya, untung saja masih bisa dituker walaupun dipotong 30 ribu dan karena disitu ngga ada RAM yang sesuai dengan PC saya akhirnya saya tuker dengan barang lain. Dituker dengan power supply dazumba. Duhhhhhhhhh, nyesel gue beli PSU itu. Mengapa nyesel? Nantikan di postingan selanjutnya. Tapi berdoa sajalah semoga aja PSU nya ngga papa sih. :v.

0 Response to "Pengalaman Memasang RAM DDR 3 12800 kedalam Motherboard, Ternyata Ngga Support"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel