Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada Linux Yang Hilang (Ubuntu/MInt)

Selamat datang guys di ahmaddzaki.id yang akan selalu membahas tentang dunia teknologi, khusus kali ini admin akan share tentang Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada OS Linux Yang Hilang (Ubuntu/MInt). Ini berdasarkan pengalaman gue sendiri guys, jadi ceritanya kemarin iseng buat modif tampilan panel atau task bar menjadi seperti miliknya mac os. Karena dirubah tentu saja panel versi defaultnya dihilangkan kan, karena kalau ngga dihilangkan ya kelihatannya kurang matching.

Oh iyaa lupa, OS yang saya pakai linux yaa gan. Bukan windows, jadi tutorial ini khusus untuk linux. Tahu kan task bar/panel? itu looo yang berada di bawah (secara default) yang segaris, dan ada menu, ikon aplikasi, hingga tanggal dan jam di sebelah kanan.

Setelah dirubah, awalnya sih fine-fine aja, berjalan normal walau kadang sedikit lemot. Tampilan di dekstopnya pun jadi makin kece karena mirip dengan milik Mac OS. 

Waktu itu saya gunakan sampai malam guys, hingga akhirnya saya udah ngantuk dan saya shut down tu komputer. Ke esokan harinya, eh ke siang harinya (maklum, gue bangunnya siang). Gua hidupin tuh komputer, dan..

Dan betapa kagetnya ketika panel atau task bar yang udah di modif tadi hilang, dan sekarang dekstop komputer gue tanpa ada task bar dan panel. Tentu bingung gue, karena mau buka ini itu jadi makin susah. Mau shut down saja harus buka terminal dulu.

Setelah cari-cari di google, tentang cara-caranya. Awalnya sih nemu beberapa cara, tapi setelah di coba ternyata zonk dan no effect sama sekali. Tapi, di percobaan ketiga Alhamdulillah bisa normal kembali. Penasaran caranya gimana? Simak tutorial kali ini.

Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada OS Linux Yang Hilang (Ubuntu/MInt)

1. Buka terminal dengan tekan Ctrl + Alt + t
Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada Linux Yang Hilang
Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada Linux Yang Hilang

2. Selanjutnya ketikkan perintah di bawah ini, harus sama ya. Termasuk spasi-spasinya. Jadi ini untuk edisi cinnamon guys, karena saya menggunakan linuxmint 19 cinnamon.
gsettings reset-recursively org.cinnamon
3. Setelah itu tekan enter, dan lihat hasilnya.
4. Bila sukses, wajib follow blog ini yaa.

Catatan tambahan :
 
Di sumber ini juga ada perintah untuk edisi Mate (kalau tadi kan cinnamon).
gsettings reset-recursively org.mate.panel
Tekan enter

0 Response to "Cara Mengembalikan Task Bar / Panel Pada Linux Yang Hilang (Ubuntu/MInt)"

Posting Komentar

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone, Wajib Baca Biar Ngga Salah Pilih

Tips Ketika Hendak Membeli Smartphone - Smart phone akhir akhir ini telah menjadi kebutuhkan primer bagi kalangan remaja hingga dewasa. Sm...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel